Kamis, 04 Juni 2009

Tips Menjadi Karyawan Sukses

Ingin menjadi Karyawan yang Sukses? Di senangi sama BOSS/Atasan, meraih
Karir dengan Cepat, Naik Pangkat Terus? Ingin Gaji Naik? Ingin juga di
senangi sama Bawahan / Asisten Anda? Ingin semua menyenangkan? di
Lingkungan Kerja terasa nyaman dan selalu bergairah?
Silahkan baca dan terapkan tips berikut ini di Lingkungan Kerja anda.
Beberapa hal yang wajib anda tanamkan di diri anda adalah :
1. Sikap.
Pondasi utama yang harus anda lakukan adalah menata sikap, kurangi
sikap negative anda dan lebihkan sikap positif anda. Contoh yang bisa
membuat anda cepat berkembang dan pintar adalah :
Sikap Berpikir Positif
Apapun hal yang anda hadapi, apapun berita yang anda terima dan keadaan
apapun yang sedang menimpa anda, jalani saja dengan sikap positif,
tidak cepat mengambil keputusan dan lakukan segalanya menuju arah solusi,
dan bukan menuju arah masalah.
Sikap Mau Belajar
Belajarlah terus kepada atasan anda, kalau bisa belajar langsung ke 1,
2 tingkat di atas Anda. Pelajari kelebihan dan sisi Positif dari
mereka, Pelajari semua yang bisa membuat mereka senang : Hobbinya ,
Prestasinya, Spesialisasinya.
Belajar hal – hal biasa bukan berarti anda bodoh ataupun anda kurang
mampu. Belajar adalah proses mengasah diri yang terus dilakukan tanpa
henti.
Belajarlah kepada asisten/bawahan anda, seperti halnya anda belajar
kepada atasan anda. Berbagilah ilmu dan saling mendukung agar anda
mendapatkan support dan dukungan penuh dari bawahan anda, sehingga mereka
akan berlaku jujur dan obyektif.
Sikap Suka Menolong
Di suasana kerja, anda harus selalu enjoy dan senang aja menolong.
Tidak pandang bulu, semua orang yg ada di likungan kerja anda seperti
petugas keamanan, office boy, bagian kebersihan dll. Menolong tanpa pamrih,
tetapi target anda mencoba orang yang anda tolong merasa Tertolong.
Sikap suka menolong biasanya di ikuti dengan sikap pemaaf dan jujur
dalam bertindak.



2. Manajemen Diri.
Porsi kerja anda harus maksimal, artinya anda harus mengerjakan
tanggung jawab yang dibebankan kepada anda yang diberikan oleh Perusahaan
sesuai dengan kedudukan/posisi jabatan yang anda sandang harus 150%.
Artinya yang 100% adalah memang tugas anda, dan yang 50% adalah Tugas
atasan anda. Maksudnya, jika sewaktu–waktu atasan anda berhalangan atau
tidak bisa bekerja, Anda bisa menolong dan membantu tugasnya secara
benar. Inilah kesempatan anda di uji oleh Perusahaan, jika anda melakukan
dengan benar maka berita bagus akan selalu bersama anda.
Anda juga harus siap mengerjakan pekerjaan Bawahan anda jika sewaktu –
waktu mereka berhalangan hadir, jadi bikin anda mandiri dan siap di
segala medan.
3. Main Strategy.
Bekerja cerdik dan pintar , bisa mengatur Strategy semulus mungkin.
Anda sebisa mungkin tidak selalu memilih – milih pekerjaan yg dibebankan
pada saat itu, jika menerima hal baru, jalani saja sebagai sebuah ujian
diri/tantangan. Jika tidak menerima suatu pekerjaan baru, anda sudah
sedikit merasa monoton? coba lirik dan amati Pekerjaan Atasan anda, kalau
perlu pelajari dan lakukan pekerjaan itu bersama Atasan anda, meminta
ijin atau mencoba belajar mengerjakan pekerjaan atasan anda adalah HAL
yang Special dan patut anda senangi. Ini penting artinya bagi Karir anda !
Makanya waktu dulu saya selalu Tertawa jika ada teman saya melarang
atau mengatakan saya bodoh,..Koq mau – maunya ngerjain pekerjaan orang
lain, gaji udah jelas beda, masak pekerjaan atasan dikerjain sich ? dia
bilang begitu…. Saya hanya menjawab, ingin belajar dan tahu pekerjaan
atasan itu seperti apa.
Nah, ternyata ada manfaatnya yg besar sekali. Suatu ketika atasan
mendadak sakit, tidak bisa datang untuk bekerja, padahal saat itu
pekerjaannya cukup banyak. Nah kesempatan inilah yg harus gunakan sebaik
mungkin, sewajarnya dan memang harus perlu membantu mengerjakan pekerjaan
atasan tersebut, dan berusaha meyakinkan kepada BOSS besar bahwa semuanya
bisa diatasi dan bisa berjalan lancar. Yakinkan BOSS besar anda bahwa semua
pekerjaan berhasil baik, jual talenta & skill anda di saat ini.
Siapa tahu, di saat atasan anda nanti mendapatkan Promosi Karir atau
dipindahkan ke Posisi lain, maka 90% atasan anda akan merekomendasikan ke
BOSS Besar bahwa anda layak menggantikan Posisi nya.
Nah , Asyiik khan ?

4. Mengambil hati
Anda harus pandai mengambil hati/mencuri perhatian. Anda mampu
melakukan tindakan – tindakan yang positif dan cemerlang disituasi yang
penting. Anda mampu membuat orang lain merasa nyaman dan menaruh hormat
kepada anda. Maaf, bedakan dengan Mencari MUKA. Kalau mencari muka
biasanya suatu tindakan membual, Akting layaknya Aktor terkenal disaat BOSS
sedang mengamati anda. Mencari muka biasanya dijalankan pada saat – saat
tertentu saja, dan biasanya kegiatan yang dilakukan tidak seimbang dengan
kebiasaan waktu – waktu kerja normal, disaat si Punya MUKA tidak ada, si
Pencari MUKA kelihatan sangat – sangat IDIOT. Jadi, pilihlah sikap
mengambil hati ya ?
5. Berani Berkompetisi.
Di Posisi Pekerjaan apapun, Kompetisi harus ada. Artinya anda siap
bersaing, berkompetisi secara sehat dengan Rekan kerja anda yang Posisi nya
setara dengan Anda. Anda tidak bisa menilai bahwa anda akan menang
dalam persaingan, kecuali anda bekali dengan Sikap Sabar, Positif dan
selalu Belajar terus.
Berkompetisi di sini bukan berarti anda sibuk mencari kesalahan –
kesalahan orang lain, tetapi justru anda bisa menang dalam persaingan ini
jika anda mampu menutupi/membantu mengatasi masalah/kelemahan – kelemahan
orang lain.
Datang dan hadirlah ditengah – tengah rekan kerja anda sebagai seorang
juru selamat, seorang pemberi solusi/pemecah suatu masalah.
Jika demikian, maka suasana Kompetisi tersebut berjalan mulus dan
sesuai dengan rencana anda. Orang lainpun tidak akan merasa dirugikan.
Coba anda Praktekan, lalu lihat perkembangan diri anda dalam 1 tahun.
Zaman sekarang ini , hal – hal dibawah ini sudah dianggap biasa dan
nggak terlalu dilirik oleh Atasan & Pemilik Perusahaan :
- Datang bekerja Tepat waktu/tidak pernah Bolos.
- Rajin bekerja dan Ramah.
- Bekerja sesuai Job.
- Pekerja Keras & Tekun.
Karena hal – hal itu sudah biasa dan memang harus begitu. Nah 1
tambahan EXTRA yang bisa mendukung 5 poin diatas adalah Tonjolkan sesuatu
yg BEDA dari Anda !
Beda dalam hal ini sesuatu Skills/Keahlian yang tidak dimiliki
kebanyakan orang. Sesuatu hal yang membikin orang lain merasa salut dan anda
selalu dibutuhkan dalam urusan ini. Coba temukan sesuatu yg Special di



diri anda ?
Misalnya sesuatu yg Special itu adalah Anda pandai bernegosisasi, Anda
Pandai menghibur, Anda selalu membuat orang lain Ketawa, Anda selalu
muncul ide – ide cemerlang dsb. Hal ini kelihatan sepele,…. tetapi hal
inilah yg sering orang lain ingat tentang diri anda.
________________________________________________________
Tips diatas sudah pernah saya terapkan dan ternyata memang bagus
sekali. Dengan latar pendidikan yg biasa saja, saya mampu menjalankan
Pekerjaan sebagai seorang Karyawan dengan senang hati dan Tetap Semangat.
Saya pernah meraih banyak penghargaaan, pernah bertemu dan belajar dengan
orang – orang penting dunia, belajar dan terus menjalin hubungan, mereka
adalah mentor – mentor hebat dalam hidup saya.
SAYA YAKIN ANDA BISA LEBIH HEBAT LAGI ! Apalagi ditunjang dengan
Pendidikan, wawasan, Pengalaman dan kepandaian yang anda miliki sekarang.
Memang kelihatanya sulit, dan Karir/Jabatan yang anda inginkan selalu
menjadi incaran orang – orang lain di sekitar anda. Jangan anda serahkan
kepada factor LUCK semata, perjuangkan diri anda semaksimal mungkin.
Segalanya ada di tangan anda !!
Apapun pekerjaan anda sekarang, Apapun Posisi anda sekarang? cobalah
untuk menyenanginya. Berpikirlah bahwa masih banyak orang di luar sana
yang menginginkan Posisi di pekerjaan anda sekarang, merasa bersyukur dan
terus berterima kasih kepada Tuhan. Dengan begitu anda akan merasa
tenang, bekerja semangat dan tidak gegabah dalam bertindak.
Sesungguhnya Anda akan bisa meraih Karir/Naik Jabatan secara cepat jika
anda memahami pertanyaan kunci dibawah ini :
Seberapa JAUH & Seberapa EFEKTIF kah NETWORKING yg anda Bangun ??
Sukses Buat Anda,

0 komentar:

Posting Komentar